Ananda, Riska (2024) Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas III di SD Negeri 381 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini melihat karena rendahnya kreativitas guru kelas pada saat belajar mengajar yang menyebabkan tidak terjadinya peningkatan pada minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 381 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini disebabkan karena keterbatasan sekolah dalam menyediakan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 381 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal dan apa saja kendala yang dialami guru kelas serta bagaimana upaya yang dilakukan guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 381 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan seluruh siswa-siswi kelas III SD Negeri 381 Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjangan keikutsetaan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di nilai belum terlaksana secara maksimal namun telah mengalami peningkatan dari sebelumnya. Guru telah memanfaatkan media belajar dengan baik walaupun hanya pada beberapa mata pelajaran tertentu. Kendala yang di alami guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III diantaranya kurangnya sumber dan media belajar dari sekolah, sulitnya mengatur siswa-siswi kelas III ketika belajar dikarenakan motivasi siswa yang masih rendah untuk belajar sungguh-sungguh. Sedangkan upaya yang mendukung kreativitas guru kelas III diantaranya dengan cara berdiskusi dengan guru-guru kelas lainnya untuk saling berbagi pengetahuan mengenai model-model pembelajaran yang inovatif, kemudian dengan memanfaatkan aplikasi sosial media seperti youtube untuk melihat bagaimana contoh pengaplikasian dari model-model pembelajaran yang baik dan benar untuk anak SD kelas rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. M Darwis Dasopang, M.Ag dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Kreativitas; Guru Kelas III; Minat Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 15:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 09:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11182 |
Actions (login required)
View Item |