Khoiriah, Masna (2024) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100325.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Masalah efikasi diri pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi menjadi perhatian dalam penelitian ini. Banyak siswa belum percaya diri dalam kemampuan mereka, terlihat dari ketidakberanian dalam menjawab pertanyaan guru serta sikap negatif terhadap tugas yang diberikan. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi, dengan 58 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan daftar nilai semester ganjil Pendidikan Agama Islam tahun ajaran 2022/2023. Analisis data menggunakan rumus statistik korelasi produk moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara efikasi diri dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. dan Liah Rosdiani Nasution, M.A. |
Keywords: | Efikasi Diri; Hasil Belajar Siswa; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11116 |
Actions (login required)
View Item |