Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui model inquiry based learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV SD Negeri 09 Tarung-tarung Selatan Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman

Aryani, Mita (2024) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model inquiry based learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV SD Negeri 09 Tarung-tarung Selatan Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 09 Tarung-tarung Selatan, yang terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dimana hal tersebut disebabkan karena kurang efektif dan model yang digunakan oleh guru kelas masih menggunakan model konvensional selain itu, siswa kurang dalam menguasai materi serta respon siswa masih kurang selama proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan model inquiry based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 09 Tarung-tarung Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan model Inquiry Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang dimana dalam setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Tarung-tarung Selatan Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan dari data persentase di pra siklus yaitu 46%, kemudian meningkat di siklus I pertemuan I menjadi 64%. Selanjutnya meningkat di siklus I pertemuan II menjadi 70%. Kemudian meningkat di sikulus II pertemuan I menjadi 76,66% dan di siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,66%. Hasil skor yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Yenni Khairani Lubis, M.Sc
Keywords: Hasil belajar IPA; Model pembelajaran inquiry based learning; Materi energi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:40
Last Modified: 14 Oct 2024 04:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item