Hayati, Nur Askiya (2024) Determinan minat beli konsumen petani pada pupuk non subsidi di Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2040200025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Minat belli adalah kelcelndelrulngan konsulmeln ulntulk melmbelli sulatul produk ataul melngambil tindakan gulna belrhulbulngan delngan pelmbellian yang diulkulr delngan tingkat kelmulngkinan konsulmeln mellakulkan pelmbellian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu kualitas pupuk non subsidi dianggap lebih bagus, pemasukan pupuk subsidi dirasa kurang maka petani juga menggunakan pupuk non subsidi, pupuk non subsidi harganya mahal namun banyak petani yang menggunakan pupuk tersebut, dan citra merek pupuk non subsidi dinilai bagus. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap minat beli konsumen petani pada pupuk non subsidi di Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap minat beli konsumen petani pada pupuk non subsidi di Talang Kuning Kecamatan Gunung Tuleh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori minat beli, kualitas produk, citra merek, dan harga. Teori Durianto mengatakan bahwa semakin rendah keyakinan konsumen terhadap suatu produk maka semakin rendah minat beli konsumen terhadap produk tersebut. Teori Kotler dan Amstrong mengatakan bahwa semakin tinggi dan bagus kualitas suatu produk, maka semakin tinggi pula keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut. Sebaliknya jika kualitas produk tersebut rendah, maka semakin rendah tingkat keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut. Teori Kotler dan Keller mengatakan bahwa brand image yang baik akan mempermudah konsumen dalam mengenali suatu produk dan memungkinkan untuk melakukan minat beli terhadap produk sehingga perusahaan akan memperoleh laba yang lebih besar. Teori Indri Kurniawan mengatakan bahwa semakin tinggi harga suatu produk maka minat beli konsumen akan menurun. Sebaliknya semakin rendah harga suatu produk maka minat beli konsumen akan meningkat. Jenis penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 74. Teknik pengolahan data menggunakan regresi linear berganda melalui program SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli. Citra merek berpengaruh terhadap minat beli. Harga berpengaruh terhadap minat beli. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Idris Saleh, S.E.I., M.E |
Keywords: | Minat beli; Kualitas produk; Citra merek; Harga |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11100 |
Actions (login required)
View Item |