Sari, Wanda (2024) Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadis dalam mengelola pembelajaran di MTs S Islamiyah Kotapinang Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadist disekolah banyak terjadi permasalahan antara lain pembelajaran cendrung menekankan siswa untuk menghafalkan ayat al-Quran dan Hadist. Pola yang seperti itu membuat minat belajar siswa sangat berkurang. Pembelajaran al-Quran Hadist peneliti menemukan adanya kendala masalah kurangnya kompetensi pedagogik guru dalam mengoptimalkan pembelajaran yang sedang berlangsung. Rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki guru bidang studi al-Qur’an Hadis tersebut dalam mengelola pembelajaran di MTs S Islamiyah Kotapinang Labuhanbatu Selatan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadis dalam mengelola pembelajaran di MTs S Islamiyah Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada saat penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis data reduksi data, display data dan verfikasi data. Sedangkan ke absahan datanya menggunakan kreadibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru al-Qur’an Hadis di MTs S Islamiyah menggunakan kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran karna kompetensi pedagogik guru sangat penting untuk guru mengelola pembelajaran peserta didik disekolah. Dan faktor-faktor kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs S Islamiyah kotapinang. Karna seorang guru al-Qur’an Hadis harus memiliki tingkat dan latar belakang Pendidikan guru yang dimana guru memiliki tugas utama yaitu mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Guru Al-Qur’an Hadis; Mengelola Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:13 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11079 |
Actions (login required)
View Item |