Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pemberian mata pelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMA N 1 Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan

Pohan, Lamro Hani (2024) Pengaruh pemberian mata pelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMA N 1 Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang berpengaruhnyapembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik yang membuatkurang bermoralnya akhlak peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemberian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana gambaran akhlak siswa dan apakah ada pengaruh pemberian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMA N 1 Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemeberian mata pelajaran Pendidikan Islam, untuk mengetahui bagaimana gambaran akhlak siswa dan untuk mengetahui pengaruh pemberian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatanex fost facto.Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA N 1 Tapanuli Selatandengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuisioner, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan akhlak siswa di SMA N 1 Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatanberdasarkan perhitungan statistik menggunakan bantuan microsft excel bahwa skor tertinggi variabel teman sebaya siswa sebesar 90 dan skor terendah 46, skor mean (rata-rata) sebesar 76,107, sedangkan nilai tengah (median) sebesar 77, serta skor yang sering muncul (modus) sebesar 57, begitu juga dengan standar deviasi di peroleh sebesar 11,80, pembentukan akhlak peserta didik tergolong pada kategori baik yaitu mencapai 70,81%. Terdapat pengaruh pemberian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik di SMA N 1 Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan sebesar65.6% masuk dalam kategori baik hal ini dibuktikan thitung > ttabelyaitu 7,030 > 1,706 dengan kata lain pengaruh pemberian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada 65,6% terhadap pembentukan akhlak siswa di SMAN 1 Angkola Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Mata pelajaran pendidikan Agama Islam; Pembentukan Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:12
Last Modified: 07 Oct 2024 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item