Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran produk arrum haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Ananda, Rizki (2024) Analisis strategi pemasaran produk arrum haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan merupakan pegadaian yang berbasis syariah yang terletak di Padangsisimpuan yang wilayah kerjanya mencakup sekitaran Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan. PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan bukanlah satu-satunya Pegadaian Syariah yang ada di Padangsidimpuan serta sudah banyak masyarakat yang mengetahui Pegadaian Syariah yang tersebut. PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan memiliki strategi pemasaran yang cukup baik akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk-produk yang tersedia di PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan terutama produk arrum haji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk arrum haji dalam meningkatkan jumlah nasabah dan kendala yang dihadapi masyarakat serta pihak PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan dalam meningkatka jumlah nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 pegawai Pegadaian Syariah dan 3 nasabah produk arrum haji dengan menggunakan teknik mengolah data menggunakan Nvivo. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk arrum haji adalah dengan menggunakan marketing mix 7P. Strategi pemasaran yang digunakan sanagt berpengaruh dalam meningkatkan dan mempertahankan jumlah nasabah. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk arrum haji ini adalah masyarakat yang lebih memilih mendaftarkan hajinya di tempat lain dan banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa di Pegadaian Syariah bisa mendaftarkan haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan H. Ali Hardana, M.Si
Keywords: Strategi pemasaran; Nasabah; Arrum Haji
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:16
Last Modified: 24 Sep 2024 08:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item