Panggabean, Rika Suryandari (2024) Bauran pemasaran Tabungan IB Martabe Wadiah di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Bauran pemasaran merupakan langkah yang dapat dilakukan oleh suatu bank dalam meningkatkan pemasaran produk dan jasanya. Tabungan IB MartabeWadiah merupakan salah satu produk dan jasa yang dapat diambil kapanpun oleh nasabah tanpa agunan pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Penurunan jumlah nasabah dari tahun 2021-2023 tabungan IB Martabe wadiah disebabkan pengaplikasian bauran pemasaran yang belum optimal sehingga banyak nasabah PT. Bank SumutCabangSyariahSibolga tidak menggunakan tabungan ib martabe wadiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran produk Tabungan IB Martabe Wadiah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori tentang bauran pemasaran (marketing mix) yang diantaranya adalah produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik, , dan teori-teori terkait tabungan wadiah.Penelitian ini menggunakan metode penilitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis lisan dari orang-orang dan prilaku yang di amati. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik menjamin keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis datanya adalah mencari dan menyusun secara sistematis data hasil wawancara dan bahan-bahan lain sehingga mudah di pahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix 7P belum optimal dilakukan. Dimana strategi promosi yang dilakukan dengan membagikan brosur dan memasang spanduk belum secara merata dilakukan serta belum menggunakan media sosial resmi milik cabang. Kemudian strategi bukti fisik (physical evidence) yaitu mesin ATM yang sering kali mengalami kerusakan. Dari segi produk, nasabah lebih tertarik dengan produk yang menggunakan bagi hasil dibandingkan dengan bonus. Strategi place (tempat), sangat strategis karena letaknya yang berada dipusat kota dan dekat dengan pasar serta dekat dengan perkantoran dan terminal. Strategi harga sudah sesuai dengan kebutuhan nasabah. Strategi people (orang), dalam melayani nasabah, karyawan bank bersikap sopan, ramah dan memberikan pelayanan yang terbaik. Strategi proses yaitu dalam setiap transaksi yang dilakukan sudah memberikan kenyamanan, tetapi disaat nasabah terlalu banyak maka disitulah pelayanan karyawan terlalu lama terhadap nasabah. Jadi, disini pihak bank seharusnya menambah karyawan untuk mengatasi masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A dan M. Fauzan, M.E.I |
Keywords: | Bauran pemasaran; Tabungan; Wadiah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10905 |
Actions (login required)
View Item |