Munthe, Meriana Aulia (2024) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada usaha tahu Desa Batu Tunggal Labuhan Batu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200125.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penurunan produksi tahu pada usaha tahu Desa Batu Tunggal terus menurun akibat kenaikan harga kedelai impor dan dampak COVID-19 sehingga menyebabkan penurunan permintaan tahu. Permasalahan ini merupakan fenomena penurunan penjualan yang signifikan dan berturut-turut dalam dua tahun terakhir antara tahun 2019 hingga 2020. Selain itu, kurangnya promosi menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tahu di Desa Batu Tunggal Kabupaten Labuhan Batu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh merek, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Pembahasan penelitian ini adalah teori merek, teori kualitas produk, dan teori promosi terhadap keputusan pembelian sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien terminasi (R2), uji analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), dan uji F (simultan). Untuk mempermudah proses analisis data pada penelitian ini digunakan program SPSS 25. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan, sedangkan secara simultan (uji F), merek, kualitas produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari uji hipotesis, dimana variabel R square sebesar 46,9% dipengaruhi oleh variabel tersebut dan 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti masukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I |
Keywords: | Merek; Kualitas produk; Promosi; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 08:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 08:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10894 |
Actions (login required)
View Item |