Nasution, Dayana Rosipah (2024) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100228.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih rendahnya kedisiplinan siswa di SMP 2 Sosopan. Masalah yang dibahas adalah mengenai apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar pada siswa kelas VII-XI sekolah menengah pertama (SMP) negeri 2 Sosopan kecamatan Sosopan kabupaten Padang Lawas teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kedisiplinan terhadap prestasi belajar. Dimana kualitas kedisiplinan tidak memliki pengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Tidak sesuai dengan SMP negeri 2 Sosopan kecamatan Sosopan kabupaten Padang Lawas. Jika kualitas kedisiplinan menurun maka keputusan prestasi belajar juga akan menurun, sehingga prestasi belajar Pendidikan agama Islam SMP negeri 2 sosopan kecamatan Sosopan kabupaten Padang Lawas menurun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode expost facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 112 orang sedangkan sampel penelitian berjumlah 53 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan Teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus kolerasi product moment.berdasarkan perhitungan diketahui bahwa Dari hasil perhitungan diperoleh sebesar t hitung 10,100, kriteria penerimaan hipotesis dapat ditentukan dengan membandingkan antara t hitung dan t tabel, untuk memperoleh nilai t tabel yaitu dk= n= 53= maka diperoleh nilai t tabel = 0,2656, untuk pengambilan Keputusan dapat dilihat seperti dibawah ini: Jika perhitungan diperoleh nilai t hitung = 10.100 t table= 0,2656. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut bahwa nilai t hitung > t tabel (10.100> 0,2656) maka Ha di terima Ho di tolak artinya ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara variable kedisiplinan belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Kedisiplina; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10847 |
Actions (login required)
View Item |