Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

Sianipar, Tika Jaya (2024) Pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas x di SMA Negeri 5 padangsidimpuan dan Apakah berdampan positif bagi peserta didik yang menggunakan media sosial atau berdampan negatif bahkan dapat merugikan bagi diri mereka sendiri. Salah satu dampak positif pemanfaatan media sosial untuk siswa adalah bia mendapatkan informasi belajar, bahwa yang kita ketahui sekarang ini media sosial bukan apa yang dijadikan ajang maksiat tapi bisa berguna untuk bertukar informasi. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 102 siswa. Selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan proportionate stratified random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner (angket), nilai ulangan, dan dokumentasi. Hasil dari analisi dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan tabel nilai “r”, df = N-2 = 78-2 = 76. Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 76, dan dilihat pada df 76, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0, 604 , karena rxy pada taraf signifikansi 5% lebih kecil dari rtabel maka ada pengaruh yang sifinifikan antara pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil uji t di atas kita dapat melihat kesignifikanan pengaruh antara variabel. Harga uji t tersebut diuji pada taraf sifinigikan 5% dengan membandingkan thitung (5,190) dengan ttabel.(1, 706) dimana 5,190 < 1,706 dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antar variabel, oleh karena Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh yang siginifikan antara pemanfaatan media sosial terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X di SMA Negeri 5 padangsidimpuan. Dengan persamaan regresi linier Y = 15,245 + 0,604X, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat hubungan yang positif, dengan memperhatikan nilai b (0,604) yang cukup kecil, yang berarti jika semakin lama pemanfaatan media sosial maka hasil belajar akan meningkat sebanyak 63,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Pemanfaatan; Media sosial; Hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:44
Last Modified: 22 Jul 2024 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item