Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan pasar tradisional dalam menarik minat masyarakat berbelanja

Ritonga, Rosmaidah (2024) Strategi pengembangan pasar tradisional dalam menarik minat masyarakat berbelanja. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pasar Tradisional Sigambal Rantauprapat merupakan pasar yang memiliki lokasi strategis. Pasar Sigambal berada di jalan lintas Sumatra dan sangat dekat dengan kota Rantauprapat yang memudahkan masyarakat untuk mengakses atau melakukan proses jual beli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam keberlangsungan aktivitas perdagangan pasar masih memerlukan peningkatan inovasi dan pengembangan pasar agar fungsi dan peran pasar tradisional lebih menarik agar masyarakat tetap memilih pasar Sigambal sebagai tempat berbelanja kebutuhan primer maupun sekunder. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional yang tepat dalam menarik minat masyarakat berbelanja, apa faktor penghambat dan faktor pendorong dari strategi pengembangan pasar tradisional dalam menarik minat masyarakat berbelanja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, instrument pengumpulan data adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses menganalisis data yaitu menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh strategi pengembangan pasar tradisional yaitu: memperluas lokasi pasar dengan bantuan pemerintah, mempertahankan harga yang kompetitif, memahami persaingan pasar, meningkatkan pengembangan produk dan meningkatkan promosi dengan bantuan pemerintah daerah. Faktor pendorong, yaitu: lokasi pasar strategis, mudah dijangkau masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli, adanya petugas kebersihan dan petugas keamanan pasar dan adanya dukungan dari pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Faktor penghambat, yaitu: keterbatasan APBD, banyak nya pedagang liar dan kurangnya tingkat kesadaran masyarakat. Berdasarkan analisis data SWOT diperoleh kekuatan (strength) harga produk kompetitif, kualitas produk, lokasi pasar strategis, keramahan pedagang, kerjasama pasar Sigambal dengan pemerintah daerah, kelemahan (weaknesses) fasilitas pasar kurang lengkap, pengelolaan kebersihan dan ketertiban kurang baik, sistem tata kelola kurang baik, peluang (opportunities) variasi produk, bantuan pemerintah terhadap pasar, membantu perekonomian masyarakat setempat, ancaman (threats) harga produk tidak stabil, adanya keberadaan pasar saing, masuknya pedagang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Analisis SWOT; Strategi pengembangan; Pasar tradisional; Minat masyarakat berbelanja
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:29
Last Modified: 04 Jul 2024 04:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item