Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis peranan baitul maal wat tamwil dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah (studi kasus pada BMT Nurul Iman Madani Kabupaten Labuhan Batu Utara)

Dalimunthe, Siti Armida (2024) Analisis peranan baitul maal wat tamwil dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah (studi kasus pada BMT Nurul Iman Madani Kabupaten Labuhan Batu Utara). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) merupakan lembaga keuangan syariah yang berfungsi menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggotanya dan biasanya beroperasi dalam skala mikro. BMT melaksanakan dua jenis kegiatan, yaitu Bait al maal dan Bait at Tamwil. BMT memiliki prinsip bagi hasil yang berlandaskan Al-Quran dan hadis. Fenomena yang terjadi pada masyarakat Aek Nabara adalah berkembanganya minat masyarakat untuk membuka usaha mikro kecil menengah sehingga BMT Nurul Iman Madani ikut serta mendukung perkembangan masyarakat khususnya sektor UMKM dengan cara membantu mengatasi permasalahan permodalan yang merupakan permasalahan umum yang di hadapi oleh UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Nurul Iman Madani dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan untuk mengetahui perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setelah menerima program dari Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Nurul Iman Madani. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu perbankan syariah, teori yang digunakan berkaitan dengan Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan BMT Nurul Iman Madani dan Nasabah Usaha Mikro Kecil Menengah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan BMT sangat baik dalam meningkatkan usaha mikro kecil menengah di Aek Nabara. Usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak BMT adalah memberikan modal kepada pelaku UMKM di mana pelaku UMKM sangat terbantu dengan adanya bantuan modal yang di berikan oleh BMT melalui pembiayaan, di mana para pelaku UMKM pendapatanya semakin meningkat dari bulan ke bulan setelah adanya bantuan tersebut. Dengan upaya-upaya yang diberikan BMT membuktikan bahwa BMT berperan aktif dalam mengembangkan produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Arsad Nasution, M.Ag dan M. Yarham, M.H
Keywords: Peranan; Baitul Mal Wat Tamwil; Usaha mikro kecil menengah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:37
Last Modified: 20 Jun 2024 04:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item