Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis rasio keuangan dengan menggunakan model zmijewski (x-score) dalam memprediksi kebangkrutan pada bank umum syariah

Lestari, Dian (2022) Analisis rasio keuangan dengan menggunakan model zmijewski (x-score) dalam memprediksi kebangkrutan pada bank umum syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Rasio Keuangan adalah indeks yang menghubungkan dua angka akuntansi dan diperoleh dengan membagi satu angka dengan angka lainnya, rasio keuangan ini digunakan untuk mengevaluasi kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan yang telah di publikasi Bank Umum Syariah menandakan bahwa perusahaan tersebut mengalami masalah keuangan setiap tahunnya pada tiap bank. Keadaan tersebut ditunjukkan oleh menurunnya total asset tiap tahunnya, meningkatnya total liabilitas perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prediksi kebangkrutan menggunakan model zmijewski pada Bank Umum Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur, menganalisis dan mengevaluasi potensi kebangkrutan dengan menggunakan model zmijewski pada Bank Umum Syariah periode 2014-2019. Penelitian ini membahas tentang laporan keuangan yang berkaitan dengan bidang ilmu Akuntansi Manajemen, Analisis Laporan Keuangan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori Current Ratio, Debt Ratio dan Return On Asset pada Bank Umum Syariah dengan menggunakan metode Zmijewski. dan berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syariah lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan data tahunan dari Annual Report . Sampel peneliti sebanyak 36 dari tahun 2014-2019. Analisis data yang menggunakan metode Zmijewski (X-Score). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti mengambil kesimpulan kondisi keuangan Bank Umum Syariah dengan metode Zmijewski menunjukkan Non Distress (tidak mengalami berpotensi kebangkrutan). Hal ini disebabkan karena nilai zmijewski yang dihasilkan pada periode tersebut kurang dari nol (bernilai negatif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Return on asset; Debt ratio
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:14
Last Modified: 20 Jun 2024 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item