Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok b (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu Desa Ujung Batu V Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padng Lawas

Rohati, Dewi Wahyu (2024) Penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok b (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu Desa Ujung Batu V Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padng Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu, Desa Ujung Batu V, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, diketahui ada 4 orang peserta didik yang beragama non-muslim. Terlihat kesenjangan sosial antara peserta didik yang beragama muslim dengan peserta didik yang non-muslim. Penanaman nilai toleransi beragama diharapkan mampu menjadikan anak bersikap dan bertingkah laku yang baik orang lain termasuk dengan orang yang berbeda agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu Desa Ujung Batu V dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu Desa Ujung Batu V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu Desa Ujung Batu V dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu Desa Ujung Batu V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari data-data yang dikumpul, lalu diuji dengan teknik penjaminan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada berbagai cara yang dilakukan pendidik dalam penanaman nilai toleransi beragama pada anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Kasih Ibu, Desa Ujung Batu V, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas. Melalui kegiatan belajar mengajar, kegiatan makan bekal bersama, dan kegiatan bermain. Adapun faktor pendukung penanaman nilai toleransi beragama di TK Kasih Ibu, Desa Ujung Batu V, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, yaitu kepala sekolah, orang tua peserta didik, masyarakat sekitar, dan juga peserta didik, sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya sarana prasarana seperti mushala dan proyektor di sekolah dan kurangnya contoh nyata bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Penanaman nilai; Toleransi beragama; Anak usia 5-6 tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:50
Last Modified: 19 Jun 2024 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item