Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran usaha kecil menengah gula merah aren (studi kasus Jorong Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat)

Putriani, Devi (2024) Strategi pemasaran usaha kecil menengah gula merah aren (studi kasus Jorong Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran usaha kecil menengah gula merah aren di Jorong Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Peluang untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran gula merah aren masih belum dimanfaatkan sepenuhnya, ada banyak masalah yang terkait dengan pengembangan dan penerapan strategi pemasaran usaha ini dan pengolahannya masih kurang efektif. Oleh karena itu penelitian ini menawarkan strategi pemasaran menggunakan penetrasi pasar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran usaha kecil menengah gula merah aren di Jorong Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data yang dilakukan dengan langkah mereduksi data, mendeskripsikan data, dan mengambil kesimpulan, verifikasi data. Teknik dalam menjamin keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha gula merah aren dalam peningkatan dan pengembangan usaha gula merah aren dilakukan dengan penetrasi pasar dengan menggunakan penyesuaian harga, peningkatan promosi, saluran distribusi produk, dan perbaikan kualitas produk. stratelgi penyesuaian harga yang diteltapkan olelh para pelngulsaha gulla melrah areln yaitul telrgantulng dari pelngulsaha gulla melrah areln telrselbult. Tetapi terkadang pengusaha gula merah aren memberikan diskon atau penurunan harga terhadap pembeli tetap dan pengepul. Selain itu juga peningkatan promosi gula merah areln hanya ke masyarakat ataupun ke keluarga sampai akhirnya tersebar dari mulut ke mulut, tetapi jika ingin lebih dikenal lagi pemilik usaha harus melakukan promosi pemasaran yang lebih seperti memasarkan lewat media sosial. Saluran distribusi produk usaha gula merah aren mencakup semua kalangan serta penjualan gula merah aren tersebar di seluruh Jorong Paraman Ampalu seperti pasar tradisional setempat. Adapun perbaikan kualitas produlk yaitul melnghasilkan produlk yang belrkulalitas delngan melmpelrhatikan rasa, warna, kelkelrasan, ataul keltahanan, kelaslian gulla melrah areln itul selndiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Strategi pemasaran; Usaha kecil menengah; Penetrasi pasar
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:21
Last Modified: 19 Jun 2024 08:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item