Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS di Kelas V MIN 4 Tapanuli Selatan

Pohan, Sulastri (2023) Penggunaan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS di Kelas V MIN 4 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan di Kelas V MIN 4 Tapanuli Selatan. Hal ini desebabkan oleh proses belajar mengajar masih menggunakan diktat(catat mencatat) dan Buku sebagai satu-satunya sumber belajar, akibatnya siswa cenderung pasif, bosan, dan monoton dan siswa lebih banyak bermain-main pada saat jam pelajaran, banyak siswa yang tidak merespon guru yang sedang menjelaskan di depan kelas, seperti siswa memperhatikan hal yang lain, berbicara dengan teman sebangkunya, bermain main dengan alat tulisnya.sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar yang di peroleh oleh siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat diterapkan model pembelajaran Picture and Picture yang membuat siswa lebih merasa senang dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V MIN 4 Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan instrumen penelitian ini menggunakan tes dan observasi. data hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V meningkat dengan menerapkan model pembelajara Picture and Picture di MIN 4 Tapanuli Selatan. Hal ini dapat dilihat dari Hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama 2 siklus, peneliti menyimpulkan bahwa diperoleh dari awal tes atau sebelum tindakan yang tuntas 5 orang siswa dengan persentase 14%. sedangkan yang tidak tuntas 13 Orang siswa dengan persentase 86%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas sebesar 34 pertemuan 2 nilai rata-rata 54 dan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa sebesar 80 dan pertemuan ke II nilai rata-rata 94. Penelitian ini dapat diberhentikan setelah mencapai nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran picture and picture; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 03:13
Last Modified: 29 May 2024 03:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item