Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan

Batubara, Annisa (2023) Penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan komunikasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan komunikasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil observasi kemampuan komunikasi belajar siswa yang tidak mencapai kesuksesan belajar maksimal (KBM) untuk mengatasi rendahnya kemampuan komunikasi belajar siswa pada masa pelajaran IPS kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan dapat digunakan dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang mengharuskan siswa berani dalam menyampaikan ide dan pendapat serta dapat berpikir kritis dalam kemampuan komunikasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode 2 siklus instrumen pengumpulan data menggunakan observasi untuk melihat kemampuan komunikasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stik. Adapun Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa dan guru kelas IV. Hasil Penelitian ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan, nilai ketuntasan kemampuan komunikasi belajar siswa yaitu 17% setelah dilakukannya tindakan pada siklus I pertemuan I terdapat peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa yaitu 55,17%. Kemudian pada siklus I pertemuan ke-II peningkatan kemampuan komunikasi belajar yaitu 77,03%. Kemudian pada siklus II pertemuan I peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa yaitu 81,14% dan pada siklus II pertemuan ke-II mengalami peningkatan kemampuan komunikasi belajar yaitu 95,71% sesuai dengan rencana dan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti sehingga penelitian ini dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 keatas sebanyak 27 siswa) dengan kata lain siswa sudah mencapai peningkatan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Kemampuan komunikasi belajar; Model talking stick; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 May 2024 08:29
Last Modified: 28 May 2024 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10507

Actions (login required)

View Item View Item