Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media visual pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan

Siregar, Andrini Rosa Putri (2023) Peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media visual pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Pentingnya pendekatan teknologi dalam pengelolaan agar dapat membantu proses pendidikan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, salah satu yang harus ada adalah guru yang berkualitas. Keberhasilan peserta didik dalam belajar tergantung dari kemampuan guru dalam mengembangkan kreasi mengajar, mampu menarik minat peserta didik untuk belajar sehingga peserta didik tidak mengalami kebosanan, mengantuk dalam mata pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan?“. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran media visual berbantuan media gambar pada pokok bahasan Permasalahan Lingkungan Alam dan Buatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200106 Padangsidimpuan. Model penelitian yang digunakan yaitu Kurt Lewin yang terdiri dari beberapa siklus dan setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan beberapa siklus. Beberapa siklus tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki suatu pembelajaran. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Setelah menerapkan media pembelajaran media visual dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak positif terhadap motivasi belajar IPS. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada aktivitas peserta didik dari siklus I dengan skor 60% menjadi 82% di siklus II, peningkatan hasil angket motivasi peserta didik yang diberikan juga meningkat dari 60% menjadi 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Media visual; Motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 May 2024 04:35
Last Modified: 28 May 2024 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item