Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas III SDN 200503 Pijorkoling Padang Sidimpuan

Desi, Desi (2023) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas III SDN 200503 Pijorkoling Padang Sidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas III SDN 200503 Pijorkoling Padang Sidimpuan, terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kreteria tuntas KKM, kurang nya antusias siswa dalam proses pembelajaran karena guru kelas masih menggunakan motode ceramah dan tanya jawab saja. Dan hal ini membuat siswa kurang menguasai materi selama pelajaran berlangsung. Adapun rumus masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas III SDN 200503 Pijorkoling Padang Sidimpuan. Teori belajar yang digunakan pada penelitian ini adalah teori belajar Taksonomi Bloom. Dalam menilai hasil belajar siswa ada enam bagian yaitu, pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan penilaian. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 200503 Pijarkoling Padang Sidimpuan. Yang berjumlah 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes, dan observasi. Hasil penelitian ini mewujudkan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar PPKn mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 64,16% dengan persentase ketuntasan 41,66%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 73,33% dengan persentase ketuntasan 58,33%. Selanjutnya hasil belajar pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata- rata siswa 76,66% dengan persentase 81,66% dan hasil belajar pada siklus II pertemuan II meningkat lagi dengan nilai rata-rata 83,75% dengan persentase ketuntasan 91,66%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi kewajiban dan hakku di kelas III SDN 200503 Pijorkoling Padang Sidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model talking stick
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 May 2024 08:44
Last Modified: 22 May 2024 08:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item View Item