Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisi minat toke getah dalam berivestasi emas di Bank Syariah Indonesia (studi kasus di Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara)

Harahap, Hapsah Hairani (2023) Analisi minat toke getah dalam berivestasi emas di Bank Syariah Indonesia (studi kasus di Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penghasilan toke getah yang berada di Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas lumayan menjanjikan dikarenakan masyarakatnya sebagaian besar berprofesi sebagai petani karet. Namun karena kurangnya pengetahuan mengenai investasi di bank syariah, akses ke bank Syariah yang terlalu jauh dan kurangnya sosialisasi dari pihak bank. maka toke getah lebih memilih untuk menginvestasikan pengahsilannya untuk membeli tanah, dan membeli emas yang di simpan di rumah masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat toke getah dalam berinvestasi emas di bank syariah Indonesia. Investasi adalah suatu kegiatan menempatkan dana pada satu atau lebih jenis aset selama perode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan/peningkatan di masa yang akan datang. Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegaiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri dari Bank Umum Syariah, Unit Usaha syariah, dan Bank Pembiayaan Syariah. Toke gertah merupakan orang yang memiliki modal untuk melakukan transaksi jual belin getah dari petani langsung dan kemudian di jual kembali ke pabrik pengolahan getah. Jenis penelitian adalah penelitian Kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Toke getah yang berada di Kecamatan Sosopan Kabupaten padang Lawas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Cara yang digunakan dalam menjamin keabsahan penelitian di peroleh melalui triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa toke getah yang berada di Kecamatan Sosopan masih banyak yang tidak mengetahui tentang berinvestasi emas di bank Syariah Indonesia sehingga peminatnya juga sedikit. Penghasilan toke getah di Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas lebih banyak di investasikan untuk membeli tanah, membeli emas di pasar yang disimpan di rumahnya sendiri, dan ada juga yang penghasialannya masih cukup untuk kebutuhan keluarga saja dan belum untuk diinvestasikan. Toke getah yang berada di Kecamatan Sosopan Kabupaten padang Lawas sebanyak 15 orang. Adapun faktor-faktor penyebab minimnya minat toke getah dalam berinvestasi di bank Syariah adalah faktor psikis, faktor sosial dan faktor Pemberdayaan Bauran Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan M. Yarham, M.H
Keywords: Minat; Toke getah; Investasi emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 May 2024 02:27
Last Modified: 15 May 2024 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item