Nurcahaya, Nurcahaya (2018) Pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00199.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan mengalami fluktuasi pada tahun 2015 sampai 2017. Dimana pada tahun 2015 jumlah nasabah menurun sebesar 61,81 persen. Pada tahun 2016 jumlah nasabah meningkat sebesar 12,19 persen. Pada tahun 2017 jumlah nasabah menurun sebesar 3,11 persen. Berdasarkan hal tersebut Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan telah melakukan berbagai inovasi yang baik untuk meningkatkan jumlah nasabahnya, namun nasabah yang memilih tabungan wadiah masih mengalami fluktuasi yang cenderung berubah-ubah. Oleh karena itu perlu melakukan marketing mix untuk meningkatkan keputusan nasabah memilih tabungan wadiah. Rumusan dari penelitian ini apakah terdapat pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah memillih tabungan wadiah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri KC Padangsidimpuan. Teori dalam Penelitian ini berkaitan dengan pemasaran. Pendekatan yang dilakukan adalah teori tentang keputusan nasabah, Proses pengambilan keputusan, teori produk, harga, lokasi, dan promosi. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 100 responden. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis deskriftif, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, Uji hipotesis (uji t dan uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial terdapat pengaruh produk terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah dengan nilai thitung>ttabel (2,484 > 1,661), kemudian secara parsial tidak terdapat pengaruh harga terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah dengan nilai thitung<ttabel (1,248<1,661), kemudian secara parsial terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah dengan nilai thitung>ttabel (3,908 >1,661), dan secara parsial terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah dengan nilai thitung>ttabel (5,087>1,661). Kemudian secara simultan terdapat pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah dengan signifikansi (uji F) dengan nilai Fhitung > Ftabel (52,652>2,00).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Produk; harga; lokasi; promosi; keputusan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 02:47 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1033 |
Actions (login required)
View Item |