Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Tinjauan atas implementasi perpanjangan masa angsuran untuk pembiayaan di bank syariah pada situasi pandemi Covid-19

Ria, Lisna (2023) Tinjauan atas implementasi perpanjangan masa angsuran untuk pembiayaan di bank syariah pada situasi pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 terjadi permasalahan umum yang terjadi kepada nasabah ialah terkait dengan sosial dan ekonomi yang muncul pada masyarakat. Pembiayaan di Bank Syariah selama Covid-19 tidak semua berjalan dengan lancar, banyak sekali terjadi hambatan-hambatan salah satunya seperti pembiayaan bermasalah yaitu suatu gambaran situasi, dimana persetujuan pengembalian pinjaman mengalami risiko kegagalan, bahkan cenderung mengalami kerugian yang berpotensi sangat besar sehingga dapat merugikan Bank. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi perpanjangan masa angsuran untuk pembiayaan di Bank Syariah pada situasi Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi perpanjangan masa angsuran untuk pembiayaan di Bank Syariah pada situasi Pandemi Covid-19 yaitu diawali dengan pihak bank melihat kondisi nasabah pembiayaan macet, pihak bank menawarkan restrukturisasi untuk nasabah yang mengalami kesulitan akibat Covid-19, nasabah akan memilih bentuk restrukturisasi sesuai kemampuan nasabah, jika nasabah sudah memilih dari bentuk restrukturisasi maka akan adanya kesepakatan atau mengisi perjanjian bersama antara pihak bank dengan pihak nasabah. Penerapan dalam melakukan perpanjangan masa angsuran pada masa pandemi Covid-19 di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Gunung Tua dengan waktu penurunan angsuran selama satu tahun paling lama, (apabila nasabah yang memiliki penurunan masa angsuran selama satu tahun), dan jika usaha nasabah tersebut masih belum stabil maka pihak bank akan memperpanjang lagi selama satu tahun kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Covid-19; Pembiayaan; Penerapan; Perpanjangan angsuran
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:39
Last Modified: 18 Mar 2024 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item