Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas III SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan

Dalimunthe, Erlina (2023) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas III SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500137.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini disebabkan oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sumber energi di kelas III SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan Kabupaten Sumatra Utara. Hal ini disebabkan penggunaan media pembelajaran yang tidak sesuai. Mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan media gambar yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 200508 sihitang kota padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan pelaksanaan, dan refleksi. Dalam penelitian ini penelitian bertindak sebagai guru, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa maka instrumen yang digunakan yaitu berupa tes hasil belajar , observasi hasil b elajar siswa pada pembelajaran IPA. Hasil penelitian dengan penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan secara klasikal sebesar 28,57% (6 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69,76. Pada siklus I pertemuan II ketuntasan belajar klasikal sebesar 74,76% (9 dari 12 siswa) dengan nilai rata-rata 70%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,14% (12 dari 9 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 74,76. Dan siklus II pertemuan II ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 71,42% (15 dari 6 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,46. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Media gambar; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:49
Last Modified: 05 Mar 2024 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item