Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 0608 Subulussalam Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Fatma Yani (2023) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 0608 Subulussalam Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, guru cenderung menggunakan metode ceramah, media yang digunakan hanya sebatas papan tulis tidak ada tambahan media tambahan lain yang mendukung proses pembelajaran. Meskipun kegiatan menarik seperti diskusi kelompok sudah dilakukan oleh guru akan tetapi sebagian besar siswa jarang terlihat aktif sehingga kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui model pembelajaran Picture and Picture mata pelajaran IPA materi Sumber Energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 0608 Subulussalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Sumber Energi tentang kekayaan Sumber Energi melalui model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SD Negeri 0608 Subulussalam. Hasil belajar adalah perolehan kemampuan dalam mengelola atau berpikir menggunakan intelektual yang yang hasilnya akan menambah pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melakukan kolaborasi dengan guru, dimana peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai obsever. Produser penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus, dalam I siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 0608 Subulussalam. Dilihat dari hasil belajar siswa pra siklus yaitu nilai rata-rata 66,5 dengan nilai presentase 40%, pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas yaitu 67,5 dengan persentase ketuntasan 45%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata yaitu 73,75 dengan persentase ketunasan 55%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata yaitu 84,25 dengan persentase ketuntasan 75%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata yaitu 89,25 dengan persentase ketuntasan 95%, karena sudah memenuhi Indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Hasil belajar dan model pembelajaran picture and picture
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:46
Last Modified: 22 Dec 2023 08:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item