Ritonga, Juita Hanna (2023) Implementasi integrated marketing communication pada produk pembayaran cicil emas di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1640100170.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Padangsidimpuan merupakan kota yang sedang berkembang dengan jumlah penduduk 459.027 jiwa dan 80% masyarakatnya berkecimpung dalam dunia pertanian dimana jasa keuangan hanya berperan 2,5% dalam pertumbuhan ekonomi kota Padangsidimpuan. Pada PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Padangsidimpuan memperkenalkan Produk pembiayaan BSI Cicil Emas sejak tahun 2015, sementara hingga tahun 2019 BSI KC Padangsidimpuan hanya mendapatkan 35 nasaba. Maka dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik nasabah terhadap produk tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang implementasi Integrated Marketing Comunication pembiayaan cicil emas di PT. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/ mengingatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyalpada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat desriptif. Metode kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan pertama, menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dengan karyawan dan nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Padangsidimpuan, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data yaitu analisis sebelum dilapangan dananalisis selama dilapangan model miles and huberman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi Integrated Marketing Communication Pada Produk Pembayaran Cicil Emas Di BSI KC Padangsidimpuan dilakukan dengan berbagai bentuk komunikasi pemasaran. Diantara ialah penjualan perorangan, publisitas, periklanan, promosi penjualan, serta public relation. Hasil yang didapat dari observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat strategi bauran komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan dalam mengkomunikasikan produk BSI Cicil Emas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Azwar Hamid, M.A |
Keywords: | Integrated marketing communication; Pembiayan; Cicil emas |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 03:30 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 03:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9996 |
Actions (login required)
View Item |