Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi minat muzakki menyalurkan zakat perdagangan melalui BAZNAS (studi kasus di BAZNAS Padang Lawas Utara)

Harahap, Hawanisa (2023) Faktor-faktor yang memengaruhi minat muzakki menyalurkan zakat perdagangan melalui BAZNAS (studi kasus di BAZNAS Padang Lawas Utara). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100344.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

BAZNAS mempunyai tujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan menimbulkan sikap kemandirian bagi para mustahik sehingga pemberdayaan masyarakat melalui penyaluran dana bantuan yang dilakukan oleh Baznas semakin gencar untuk dikembangkan. Mustahik dapat menciptakan manfaat positif bagi lingkungan sekitar dan besar kemungkinan mustahik bisa menjadi muzakki. Pendapatan dana awal zakat perdagangan tahun 2018 di Padang Lawas Utara sebesar Rp 100.000.000 sementara yang terkumpulkan pada tahun 2019 sebesar Rp 17.000.000 dari data tersebut dapat disimpulkan kurangnya masyarakat dalam memberikan zakat perdagangan. Religiusitas masyarakat akan hal zakat perdagangan kurang dominan diketahui masyarakat, selanjutnya didukung kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap Baznas dalam menyalurkan zakat perdagangan serta masyarakat Padang Lawas Utara kurang mengetahui tentang zakat perdagangan dikarenkan kurangnya promosi oleh pihak Baznas Padang Lawas Utara sehingga terjadi kurangnya minat muzakki menyalurkan zakat perdagangan melalui Baznas Padang Lawas Utara. Pembahasan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan bidang ilmu zakat perdagangan yaitu religiusitas, kepercayaan, promosi, dan minat muzakki. Sehubungan dengan itu, kajian dihubungkan dengan teori – teori langsung yang berkaitan dengan variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah adata primer dan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Sampel penelitian sebanyak 30 sampel dengan teknik pengambilan sampel jenuh, kemudian analisis penelitian menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 20. Hasil penelitian berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel religiusitas (X1) berpengaruh terhadap minat muzakki menyalurkan dana zakat perdagangan sedangkan variabel kepercayaan (X2) dan variabel promosi (X3) tidak berpengaruh terhadap minat muzakki menyalurkan dana zakat perdagangan. Kemudian berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel religiusitas, kepercayaan, dan promosi berpengaruh terhadap minat muzakki menyalurkan dana zakat perdagangan di Baznas Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Ihdi Aini, M.E.
Keywords: Religiusitas; Kepercayaan; Promosi; Minat muzakki
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:47
Last Modified: 03 Aug 2023 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item