Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi profesional guru fiqih dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Bangai Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Siregar, Siti Aisyah (2022) Kompetensi profesional guru fiqih dalam mengelola kelas di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Bangai Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitia ini yaitu kompetensi profesional guru fiqih dalam mengelola kelas di madrasah tsanawiyah pondok pesantren nurul huda bangai masih kurangnya guru fiqih dalam mengendalikan peserta didik untuk terlibat aktif ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung, guru fiqih juga masih menggunakan metode ceramah saja sehingga membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan bahkan mereka tertidur di dalam kelas ketika guru menjelaskan, bahkan ada peserta didik yang keluar masuk ketika proses pembelajaran berlangsung, dan guru juga masih kurang menciptakan suasana kelas yang menyenangkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi profesional guru fiqih dalam mengelola kelas di madrasah tsanawiyah pondok pesantren nurul huda Bangai, Apa saja kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengelola kelas di madrasah tsanawiyah pondok pesantren nurul huda bangai. Apa saja solusi yang dihadapi guru fiqih dalam mengelola kelas di madrasah tsanawiyah pondok pesantren nurul huda bangai. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer yaitu 5 guru fiqih, dan sumber data skunder yaitu kepala madrasah, dan 2 peserta didik di madrasah tsanawiyah pondok pesantren nurul huda Bangai. Teknik penjamin keabsahan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian analisis data wawancara, yaitu: penulis menemukan bahwa guru fiqih tentang keprofesionalan dalam mengelola kelas sudah cukup bagus, 1. Guru fiqih sudah mampu dalam menjalankan 8 kompetensi yang ada pada guru fiqih yaitu pada memahami ayat Al-Qur’an, memiliki ilmu pengetahuan mengenai ushul fiqih, sejarah islam, mengenal pendapat para mazhab, ilmu zakat, geografi, memerintahkan peserta didik mengamalkan agama, mahir dalam bahasa arab. 2. guru fiqih selalu memperhatikan aspek dalam pengelolaan kelas untuk keberhasilan pembelajaran walaupun masih ada kendala sedikit di dalam kelas yaitu masih ada peserta didik yang ribut Ketika pembelajaran berlangsung, keluar masuk dengan alasan tidak tentu, tertidur Ketika guru menjelaskan. 3. Dan solusi yang dihadapi dalam hal itu guru fiqih dapat mengatasinya dengan cepat dengan memberi peringatan dalam hal tersebut guru fiqih memberikan sanksi atau memberikan hapalan tambahan berupa 3 ayat Al-Qu’an atau 3 hadis Rasulullah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Dr.Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A.
Keywords: Kompetensi professional guru fiqih; Pengelolaan kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:43
Last Modified: 07 Jun 2023 08:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8782

Actions (login required)

View Item View Item