Siregar, Ida Royani (2023) Pengaruh consumer knowledge dan promosi word of mouth terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah (studi kasus Pedagang Pasar Sipirok). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100211.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kalangan pedagang yang masih banyak menggunakan bank konvensional daripada bank syariah dilihat dari rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah serta kurangnya kesadaran seorang muslim sehingga keinginan menjadi nasabah bank syariah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh consumer knowledge dan promosi word of mouth terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok menjadai nasabah bank syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan consumer knowledge, promosi word of mouth dan keputusan menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah sampel 41 orang. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22 dengan pengujian validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2), dan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa consumer knowledge berpengaruh signifikan terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok menjadi nasabah bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel = (5,412 > 1,685). Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa promosi word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok menjadi nasabah bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel = (2, 312 > 1,685). Sedangkan secara simultan (uji F) menunjukkan hasil Fhitung > Ftabel = (19,209 > 3,24) artinya hipotesis (Ha) diterima. Untuk nilai sig sebesar 0,000 sehingga nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh simultan yang signifikansi dari consumer knowledge dan promosi word of mouth terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok menjadi nasabah bank syariah. Dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari uji hipotesis, dimana R square variabel sebesar 50,3% yang dipengaruhi oleh variabel consumer knowlwdge dan promosi word of mouth sedangkan 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I. |
Keywords: | Consumer knowledge; Keputusan pedagang; Promosi word of mouth |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:52 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8621 |
Actions (login required)
View Item |