Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk amanah dalam upaya menarik minat nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Sipirok

Simatupang, Ahmad Kholidi (2018) Strategi pemasaran produk amanah dalam upaya menarik minat nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai Pegadaian terkhususnya pada produk Amanah (pembiayaan kendaraan bermotor syariah), masyarakat masih banyak memprioritaskan membeli kendaraan bermotor melalui leasing konvensional padahal di pegadaian sudah ada pembiayaan kendaraan bermotor secara syariah dan jauh lebih murah daripada leasing konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaiamana strategi pemasaran produk Amanah (pembiayaan kendaraan bermotor syariah) yang dilakukan Pegadaian Cabang UPS Sipirok. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Amanah (pembiayaan kendaraan bermotor syariah) yang dilakukan Pegadaian Syariah Cabang UPS Sipirok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dengan pengelola dan karyawan Pegadaian Syariah Cabang UPS Sipirok dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Pegadaian Cabang UPS Sipirok adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan 4P (product, price, place, dan promotion). Melalui strategi produk, Pegadaian Syariah Cabang UPS Sipirok mengembangkan berbagai produk seperti gadai (ar-rhan), ar-rum, Mulia, dan Multi payment Online (MPO) untuk menarik minat nasabah. Melalui strategi harga, Pegadaian Syariah Cabang UPS Sipirok menetapkan harga yang murah dan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya seperti bank. Melalui strategi tempat, Pegadaian Syariah Cabang UPS Sipirok merupakan lokasi yang strategis untuk menarik nasabah dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah ketika bertransaksi. Melalui strategi promosi, Pegadaian Syariah Cabang UPS Sipirok membagikan brosur serta memberikan penjelasan kepada nasabah yang mengunjungi pegadaian, dan membuat iklan agar nasabah lebih mengetahui tentang pegadaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pemasaran; Produk amanah (Pembiayaan Kendaraan Bermotor Syariah)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Apr 2020 14:52
Last Modified: 22 Apr 2020 07:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item