Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi, tingkat margin, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua

Arfah, Marina (2021) Pengaruh promosi, tingkat margin, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua dimana nasabah yang yang melakukan pembiayan murābahah dari tahun ketahun mengalami penurunan. Dilihat dari promosi, tingkat margin, kualitas pelayanan yang diberikan pihak Bank menjadi faktor terjadinya penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah ada pengaruh promosi, tingkat margin kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh promosi, tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dalam pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Teori yang digunakan adalah pertama, promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut. Yang kedua tingkat margin adalah tingkat selisih atau kenaikan nilai dari aset yang menalami peningkatan nilai dari biaya produksi dan harga jual. Ketiga kualitas pelayanan adalah kualitas pelayanan dikatakan memuaskan jika layanan yang dirasakan sama atau melebihi kualitas pelayanan yang diharapkan. Dan keempat kepuasan nasabah menurut Kotler bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah sampel 61 nasabah. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi linier berganda, uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh promosi terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Tidak ada pengaruh tingkat margin terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua. Sedangkan secara simultan ada pengaruh promosi, tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murābahah di Bank Syariah Indonesia KCP. Gunung Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Promosi; Tingkat margin; Kualitas pelayanan; Kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:34
Last Modified: 23 Nov 2022 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item