Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pengetahuan, pelayanan, lokasi dan e-banking terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah (studi kasus mahasiswa Prodi Perbankan Syariah FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Harahap, Nuramina (2021) Pengaruh pengetahuan, pelayanan, lokasi dan e-banking terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah (studi kasus mahasiswa Prodi Perbankan Syariah FEBI IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada mahasiswa Prodi Perbankan syariah FEBI IAIN Padangsidimpuanyaitu sedikitnya mahasiswa yang berminat untuk menabung di bank syariah. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari berbagai faktor diantaranya pengetahuan mahasiswa yang belum sepenuhnya diaplikasikan oleh semua mahasiswa, pelayanan bank yang belum maksimal sehingga mahasiswa tidak tertarik menabung di bank syariah, lokasi yang sulit untuk dijangkau dan membutuhkan waktu ataupun biaya untuk menjangkaunya dan banyaknya mahsiswa yang belum memahami untuk menggunakan teknologi e-banking.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengetahuan, pelayanan, lokasi dan e-banking terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah. Penelitian ini didukung oleh teori para ahli yang mengatakan pengetahuan menurut Notoatmodjo merupakan hasil dari tahu yang terjadi melalui sensoris khususnya mata dan telinga terhadap objek tertentu. Sementara menurut Usmara pelayanan merupakan rasa menyenangkan yang diberikan kepada orang lain disertai kemudahan-kemudahan dan memenuhi segala kebutuhan mereka. Kemudian Kasmir lokasi adalah tempat melayani konsumen, dapa pula diartikan sebagai tempat untuk memajangkan barang-barang dagangannya. Kemudian menurut Khayri Mahdi menyatakan bahwa e-banking merupakan pemanfaatan internet sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan perbankan. SedangkanmTampubolon minat merupakan suatu perpaduan keinginan dan kemauan yang dapat berkembang jika ada motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik insidental sampling dengan jumlah mahasiswa 92 yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikoloniearitas dan uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji t dan uji F.Proses pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan, lokasi dan e banking berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah. sementara secara simultan pengetahuan, pelayanan, lokasi dan e-banking berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: E-Banking; Lokasi; Minat; Pengetahuan; Pelayanan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:11
Last Modified: 10 Jan 2022 07:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item View Item