Hasibuan, Bambang Sutoyo (2021) Faktor penentu minat dalam menggunakan internet banking bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat mahasiswa untuk menggunakan Internet Banking bank syariah karena belum mengetahui akan manfaat dan kemudahan Internet Banking bank syariah tersebut, dari 368 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syariah angkatan 2017-2018 IAIN Padangsidimpuan hanya 6,25% yang menggunakan Internet Banking bank syariah. Dimana masih banyak mahasiswa yang menggunakan cara yang manual yaitu dengan datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi baik dalam pembayaran uang kuliah dan melakukan transaksi yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh kemudahan dan kemanfaatan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syariah angkatan 2017-2018 IAIN Padangsidimpuan menggunakan Internet Banking bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kemudahan dan kemanfaatan terhadap minat. Kegunaan penelitian ini untuk penulis, bank, masyarakat, dan peneliti selanjutnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen pemasaran yang membahas tentang minat menggunakan, kemudahan dan kemanfaatan dan segala yang berhubungan dengan minat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 78 mahasiswa FEBI Prodi Perbankan Syariah angkatan 2017-2018 IAIN Padangsidimpuan. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan R2 . Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel kemudahan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking bank syariah, variabel kemanfaatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking bank syariah. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa variabel kemudahan dan kemanfaatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan internet banking bank syariah. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 29,0% variabel kemudahan dan kemanfaatan mampu mempengaruhi minat dan 71,0% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Windari, SE.,M.A dan Rini Hayati Lubis, MP |
Keywords: | Kemudahan; Kemanfaatan; Minat |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 08:12 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 08:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7284 |
Actions (login required)
View Item |