Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis minat masyarakat terhadap produk perbankan syariah

Siregar, Tukma Wanita (2021) Analisis minat masyarakat terhadap produk perbankan syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100273.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataannya saat ini masih banyak masyarakat di Lingkungan I Kelurahan Muara Manompas Kecamatan Muara Batang Toru belum mengenal produk-produk bank syariah. Perkembangan bank syariah yang semakin pesat belum mampu mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk yang ditawarkan oleh bank syariah. Seluruh masyarakat Lingkungan I Kelurahan Muara Manompas beragama islam, akan tetapi minat masyarakat terhadap produk bank syariah masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat lebih memlih produk yang ditawarkan oleh bank konvensional daripada bank syariah. Teori Andri Wicaksono menyatakan minat adalah suatu kecenderungan yang tetap memperhatikan beberapa kegiatan. Menurut Yudrik Jahja dalam bukunya Psikologi Pendidikan minat adalah suatu dorongan yang menyebabkan terikatnya perhatian individu pada objek tertentu seperti pekerjaan, pelajaran, benda dan orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber dat yaitu data primer. Teknik pengumpulan data penitian ini adalah wawancara dan kuesioner dengan jumlah sampel 72 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel pengetahuan mempunyai pengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung = 1,841, sehingga thitung > ttabel, (1,841 > 1,66792). Variabel lokasi mempunyai pengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung = 1,917 sehingga thitung > ttabel (1,917 > 1,66792) serta variabel kualitas pelayanan tidak mempunyai pengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung = 1,172 sehingga thitung < ttabel (1,172 < 1,66792 ). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, lokasi dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,804 > 2,74).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid, M.A. dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: Kualitas pelayanan; Lokasi; Minat masyarakat; Pengetahuan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:33
Last Modified: 25 Oct 2021 03:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item