Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP panyabungan

Maharani, Yulita (2020) Pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penurunan jumlah nasabah tabungan iB Prima dari tahun 2016 sampai 2018 menunjukkan loyalitas nasabah tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Kegunaan peneliti ini yaitu bagi peneliti, perbankan syariah dan peneliti selanjutnya. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah khususnya manajemen bisnis dalam pengembangan SDM. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini adalah loyalitas nasabah dan customer relationship management. Teori yang digunakan yaitu customer relationship management yang efektif akan mengarah pada kepuasan pelanggan dan jika pelanggan puas, itu akan mendorong ke word of mouth yang positif dan loyalitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 nasabah. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis berupa uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah. Oleh karena itu pihak bank harus lebih meningkatkan manajemen hubungan dengan nasabahnya. Sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa di PT.Bank Muamalat Indonesia,Tbk KCP Panyabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Customer Relationship Management; Loyalitas Nasabah; Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:40
Last Modified: 16 Mar 2021 01:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item