Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasannasabah di PT. Bank SUMUT KCP Syariah Rantau Prapat

Ritonga, Fitri Sholawati (2018) Pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasannasabah di PT. Bank SUMUT KCP Syariah Rantau Prapat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terdapatnya fenomena mengenai masih banyak nasabah yang mengajukan komplain terhadap pelayanan customer service yang ada di PT. Bank SUMUT KCP Syariah Rantau Prapat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah PT. Bank SUMUT KCP Syariah Rantau Prapat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang pelayanan dan kepuasan nasabah. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear sederhana, pengambilan sampel menggunakan tehnik insidental sampling, dengan jumlah populasi 2559 dan sampel 96 orang. Kemudian pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistic dengan bantuan proram SPSS versi 23. Berdasarkan deskriptip statistik, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana dan uji parsial (t) kemudian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini secara parsial kualitas pelayanan customer service berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah karena nilai thitung > ttabel, sehingga (5,706 > 1,661). Nilai R2 sebesar 0,257 hal ini menunjukkan bahwa variasi variabel independent (customer service) dapat menjelaskan variabel dependent (kepuasan nasabah) sebesar 25,7%. Sedangkan sisanya 74,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan customer service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT. Bank SUMUT KCP Syariah Rantau Prapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pelayanan Customer Service dan Kepuasan Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 17 Apr 2020 22:44
Last Modified: 17 Apr 2020 22:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item