Suganda, Yopi (2017) Pengaruh lokasi bank dan ekuitas merek terhadap keputusan nasabah memilih tabungan iB Muamalat sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCP. Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0175.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Jumlah penduduk panyabungan mayoritas muslim menjadikan bank muamalat memiliki potensi yang sangat baik. Lokasi bank yang strategis dan berada di pusat kota. Masyarakat percaya dan mengakui kehalalan transaksinya sesuai dengan mereknya sebagai bank syariah. Namun jumlah nasabah baru yang membuka tabungan iB Muamalat Sahabat menurun setiap tahunnya pada periode 2014 sampai 2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pengaruh lokasi bank dan ekuitas merek terhadap keputusan nasabah. Tujuannya untuk mengetahui adakah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Serta kegunannya adalah untuk menjadi informasi bagi pihak yang berkepentingan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu pemasaran dengan pendekatan teori-teori yang berkaitan dengan lokasi bank yaitu faktor primer dan sekunder. Teori ekuitas merek dengan model Aaker yaitu kesetiaan merek, kesadaran merek, mutu yang dirasakan dan asosiasi merek. Serta teori lima tahap pengambilan keputusan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 95 responden dengan teknik pengukuran sampelnya adalah rumus slovin. Analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian menggunakan program SPSS versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan keputusan = 25,926 + 0,049loks + 0,625ekum, data adjusted R Square sebesar 0,580 hal ini berarti 58% variable lokasi bank dan ekuitas merek mampu menerangkan variable keputusan nasabah, sedangkan sisanya 42%. Dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa lokasi bank dengan nilai t hitung (0,528) < t table (1,66140) artinya lokasi bank secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Variable ekuitas merek nilai t hitung (9,017) > t table (1,66140) artinya ekuitas merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa lokasi bank dan ekuitas merek memiliki nilai f hitung (65,870) > f table (3.095) dan tingkat signifikansi yang diperoleh (000 < 0,05) artinya variable independen secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan,S.E.,M.Si dan Zulaika Matondang,M.Si |
Keywords: | Lokasi bank., Ekuitas merek., Keputusan nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 07:53 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 07:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6003 |
Actions (login required)
View Item |