Pandapotan, Hotman (2017) Pegaruh persepsi kemudahan dan kebermanfaatan terhadap minat mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam menggunakan mobile banking. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, telah mempengaruhi aktivitas baik ekonomi maupun sosial masyarakat. Bank menyediakan layanan Mobile Banking untuk memenuhi kebutuhan melakukan transaksi perbankan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, masih banyak yang belum menggunakan aplikasi mobile banking. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh variabel X1 dan X2 secara parsial dan simultan terhadap variabel Y. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengaruh variabel X1 dan X2 variabel Y, keguanaan peneltitian ini untuk penulis, bank, masyarakat dan peneliti selanjutnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi kemudahan dan kebermanfaatan yang menggunakan model TAM yaitu untuk menjelaskan perilaku pengguna teknologi informasi dengan kepercayaan, sikap, minat, dan hubungan perilaku pengguna sebagai faktor penjelas. Penerimaan teknologi informasi ditentukan oleh dua konstruk ini karena keduanya memiliki determinan yang tinggi dan validitas yang telah teruji secara empiris. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, dengan jumlah sampel 96 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi R2. Dengan menggunakan program SPSS Versi 21.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan minat = 11,823 + 0,146 + 0,157 dan data R square sebesar 0,27 hal ini berarti 27% variabel kemudahan dan kebermanfaatan mampu menjelaskan variabel minat mahasiswa FEBI menggunakan mobile banking, sedangkan sisanya sebesar 73% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa, kemudahann memiliki thitung(2,854)>ttabel(1,661) dan tingkat signifikansi<α(0,005<0,1) artinya kemudahan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa FEBI menggunakan mobile banking. kebermanfaatan memiliki thitung(3,788)> ttabel (1,661) tingkat signifikansi <α (0,000<0,1) artinya kebermanfaatan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa FEBI menggunakan mobile banking. Hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa kemudahan dan kebermanfaatan memiliki Fhitung > Ftabel (18,549>2,36) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 <α (0,1) artinya kemudahan dan kebermanfaatan secara simultan memiliki pengaruh signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mudzakkir Khotib Siregar dan Utari Evy Cahyani |
Keywords: | kemudahan; kebermanfaatan; minat mahasiswa FEBI |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 02:09 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 02:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5485 |
Actions (login required)
View Item |