Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pengetahuan dan minat terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah (studi kasus masyarakat Dusun Aek Botik Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara)

Siahaan, Nursaima (2017) Pengaruh pengetahuan dan minat terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah (studi kasus masyarakat Dusun Aek Botik Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Faktor-faktor keputusan untuk menjadi nasabah di bank syariah diantaranya adalah faktor pengetahuan dan minat yang dimiliki oleh nasabah. Pengetahuan merupakan faktor psikologi yang dapat mempengaruhi perilaku dalam pengambilan keputusan. Sedangkan minat merupakan faktor situasional yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Dimana fenomena yang terjadi adalah masih minimnya pengetahuan dan minat masyarakat tentang perbankan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengetahuan dan minat berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan minat terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah secara parsial maupun simultan. Keputusan yaitu sebagai suatu pilihan yang dibuat dari sejumlah alternatif yang ada. Pengetahuan yaitu sesuatu yang diketahui berkenaan dengan sesuatu hal yang dilihat dan dirasakan oleh panca indera. Minat yaitu suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap sesuatu yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis regresi berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menjadi nasabah di bank syariah dengan jumlah sampel 31 orang dengan teknik sampel jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS 22.00. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan (X1), minat (X2), dan keputusan menjadi nasabah (Y). Hasil penelitian menunjukkan, pengujian secara parsial (uji t) diperoleh bahwa pengetahuan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah yang ditunjukkan dengan nilai thitung > dari ttabel (2,919 > 2,048) dan minat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,177 > 2,048). Sedangkan, pengujian secara simultan (uji F) pengetahuan dan minat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,196 > 3,34). Dan koefisien determinasi sebesar 0,369. Hal ini berarti bahwa 36.9 persen memberikan sumbangan pengaruh pengetahuan dan minat terhadap keputusan menjadi nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 63,1 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam peneliatian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Nurul Izzah, M.Si
Keywords: Pengetahuan; Minat; Keputuan menjadi Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:06
Last Modified: 29 Sep 2020 03:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item