Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru bidang studi akidah akhlak dalam menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan Di MTs Negeri Siabu Kabupaten Mandailing Natal.

Kholijah, Siti (2012) Upaya guru bidang studi akidah akhlak dalam menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan Di MTs Negeri Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073100149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini adalah kajian tentang guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di MTs Negeri Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Apa kendala yang dialami guru Bidang Studi Akidah Akhlak dan cara mengatasinya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bidang studi Akidah Akhlak dalam menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan untuk mengetahui kendala yang dialami guru dan cara mengatasinya dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negei Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Untuk mengetahui hasil penulisan ini, penulis menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriftif sebagai informan adalah para guru Bidang Studi Akidah Akhlak di MTs Negeri Siabu, kepala Sekolah dan Staf Tata Usaha, Personal, siswa, yang dibutuhkan dalam penelitian ini, alat pengumpulan datanya adalah Dokumentasi, Wawancara langsung dengan informan, kemudian Observasi atau Pengamatan langsung kelapangan (Field Research). Melalui penelitian ini diperoleh hasil temuan bahwa guru Bidang Studi Akidah Akhlak telah membuat perencanaan program pengajaran yaitu RPP, Prosem, Prota, Silabus. Kalender Pendidikan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tetapi belum tercapai seperti target yang dianjurkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kemudian beberapa kendala yang dialami guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam meningkatkan Pembelajaran seperti kurangnya pemahaman guru terhadap penggunaan metode sehingga menimbulkan kebosanan siswa ketika proses belajar, kurangnya pemahaman guru terhadap penyusunan program pengajaran sehingga proses belajar mengajar terhambat dalam menigkatkan proses pembelajaran, dan kurangnya waktu mempelajari tentang agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Nahriya Fata,S.Ag., M.Pd
Keywords: Guru., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan., Bidang Studi Akidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:14
Last Modified: 14 Sep 2020 04:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item