Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran akhlak di MTs Swasta Al-Azhar BI Ibadillah Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola

Hasibuan, Mardiana (2013) Interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran akhlak di MTs Swasta Al-Azhar BI Ibadillah Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKHLAK DI MTs SWASTA AL-AZHAR BI IBADILLAH UJUNG GADING KECAMATAN BATANG ANGKOLA”. Penelitian ini adalah penelitian yang di lakukan untuk mengetahui bagaimana interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran akhlak di MTs Swasta Al-Azhar Bi Ibadillah Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola serta apa saja kendala dan apa upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru ketika berinteraksi dengan siswanya. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetatahui interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran akhlak yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Azhar Bi Ibadillah Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola yaitu interaksi edukatif. Kendala yang dihadapi oleh guru ketika proses pembelajaran akhlak adalah masih ada siswa yang terbiasa kurang aktif sehingga guru harus benar-benar aktif memperhatikan siswanya serta memotivasinya supaya siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapinya adalah berusaha melakukan pendekatan individual dan berusaha menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, karena dengan pendekatan individual dan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi akan dapat menumbuhkan minat, bakat, kemauan, dan kesadaran siswa untuk belajar dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni: menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah Sehingga dapat disimpulkan bahwa interaksi yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Azhar Bi Ibadillah Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola adalah inetraksi edukatif, yakni inetraksi yang secara sadar bertujuan mengantarkan siswa kea rah kedewasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: M. Idrus Hasibuan dan Zulhammi
Keywords: pendidikan Islam; guru; akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:19
Last Modified: 10 Sep 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item