Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan menjelaskan guru fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal

Aritonang, Sri Sumarni (2012) Pengaruh keterampilan menjelaskan guru fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073100070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Fikih Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran keterampilan menjelaskan guru fikih di MTsS Al-Kautsar Sidangkal. Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal, dan apakah ada pengaruh yang signifikan keterampilan menjelaskan Guru Fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan menjelaskan guru fikih di MTsS Al-Kautsar Sidangkal, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan keterampilan menjelaskan guru fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal. Untuk menelaah permasalahan di atas peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa MTsS Al-Kautsar Sidangkal tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 52 orang yang terdiri dari kelas I, II, III. Instrumen pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket, dan dokumen dengan cara mengambil data hasil belajar siswa dari daftar kumpulan nilai (DKN), Sementara Pengolahan dan analisa data dilakukan dengan analisa statistik yaitu dengan rumus productmoment dan reqresi. Berdasarkan penelitian, maka diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara variabel X dengan variable Y dengan rxy yaitu 0,602, kemudian keterampilan menjelaskan guru fikih tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 83,134. kemudian terdapat pengaruh keterampilan menjelaskan guru fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsS Al-Kautsar Sidangkal. Ini terbukti dari besarnya rxy : 0,602 yang lebih besar dari r tabel pada taraf signifikasi 5 % yaitu 0,279, dan 1% 0,361.kemudian dibuktikan lagi dengan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y: 76,62 + 0,137 X dan garis persamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Keterampilan Menjelaskan Guru., Guru Fikih
Keywords: Keterampilan Menjelaskan Guru., Guru Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2020 08:36
Last Modified: 09 Sep 2020 08:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4840

Actions (login required)

View Item View Item