Rukayyah, Rukayyah (2015) Pengaruh emphaty terhadap kepuasan nasabah Baitul Mal wat Tamwil (BMT) Insani Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 220 0124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Setiap organisasi bertujuan untuk maju berkembang di masa yang akan datang. Untuk mencapai hal tersebut maka setiap organisasi, baik yang bersifat nirlaba maupun profit oriented, harus mampu merebut emphaty konsumennya serta menjaga loyalitas mereka. Di sisi lain persaingan antar organisasi maupun perusahaan makin sengit dan konsumen makin sulit dipuaskan. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam situasi persaingan ini adalah dengan menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel emphaty terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengungkap kontribusi faktor emphaty terhadap kepuasan nasabah sehingga dapat disusun strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kepuasan nasabah BMT Insani Sadabuan. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif, 2 yaitu menggunakan regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R ). Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT Insani Sadabuan yang berjumlah 98 orang. Dengan Kepuasan nasabah sebagai variabel terikat (Y) dan Emphaty (X) sebagai variabel bebas. Pengolahan datanya dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 17.0. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara emphaty (X) dengan kepuasan nasabah (Y). Hal ini 2 terbukti dari nilai r sebesar 0,867. Dari perhitungan koefisien determinasi (r ) diperoleh 0,751 atau 75,1% yang menjelaskan bahwa variabel emphaty (X) memberikan pengaruh hanya sebesar 75,1 % terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Sedangkan sisanya 24,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian dari persamaan regresi yang diperoleh: Y`=6,753+0,881 X. Artinya setiap peningkatan variabel emphaty (X) sebesar 1% akan berakibat meningkatnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,881%. Sebaliknya setiap pengurangan variabel emphaty (X) sebesar 1% akan berakibat berkurangnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,881%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mudzakkir Khotib Siregar, M.A dan Muhammad Isa, ST, MM |
Keywords: | Emphaty; Baitul Mal Wat Tamwil |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 03:30 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 03:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4526 |
Actions (login required)
View Item |