Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk tabungan investa cendekia (pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Sibolga)

Lubis, Silvina (2017) Strategi pemasaran produk tabungan investa cendekia (pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Sibolga). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran produk Tabungan Investa Cendekia yang diterapkan oleh pihak Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga, guna mengetahui bagaimana pihak Bank Syariah Mandiri dalam memasarkan produk tabungan ini. Fenomena yang dialami yaitu nasabah yang kurang aktif dalam menyetorkan uangnya maka pihak Bank akan menghapus rekening tabungan ini dan uang telah di simpan akan dimasukkan secara otomatis ke rekening tabungan regular milik nasabah, hal lain yaitu terkadang nasabah meminta uang yang di setorkan sebelum jatuh tempo dengan alasan membutuhkan dana untuk keperluan lain. Produk tabungan ini hanya dipasarkan oleh nasabah yang memiliki gaji tetap dikarenakan mayoritas masyarakat di Sibolga yaitu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pembahasan dari penelitian ini terkait dengan Perbankan Syariah, yang menjelaskan pengertian dari Strategi, Pemasaran, Pemasaran dalam Islam, Pengertian Pemasaran Bank dan Pemasaran Bank Syariah. Metode Penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengertiannya yaitu mengumpulkan fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan dan menyimpulkannya ke dalam karya tulis ilmiah, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang mewawancarai langsung pihak Bank Syariah Mandiri Sibolga. Hasil penelitian yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga ada 3 tahap pemasaran yaitu Penjualan dimana pihak Costumer Service melakukan pemasaran serta penjelasan mengenai produk Tabungan Investa Cendekia kepada nasabah yang hendak membuka rekening tabungan, memeliki masalah lain yang kehilangan ATM, dan lain sebagainya. Promosi dimana pihak Costumer Service ataupun Marketing menyebarkan brosur-brosur yang berkaitan dengan Tabungan Investa Cendekia ini dan didalam nya ada penjelasan dan pembagian asuransi lengkap dengan cara pembagiannya. Marketing Mix dimana Pihak Costumer Service dan Marketing melakukan pemasaran melalui penjualan dan promosi (face to face) kepada nasabahnya serta membagikan brosur kepada nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Azwar Hamid
Keywords: bank syariah; pemasaran produk; investa cendekia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:51
Last Modified: 05 Aug 2020 04:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item