Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan suasana religius di MAN Lembah Melintang Pasaman Barat

Yari, Lanni (2014) Peranan guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan suasana religius di MAN Lembah Melintang Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fokus masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah peranan guru PAI dalam mewujdkan suasana religius di Madrasah AliyahNegeri Lembah Melintang. Suasana yang di maksud dalam penelitian ini adalah suasana atau iklim keagamaan yang ada di madrasah. Adapun suasana religius yang dimaksud adalah pelaksanaan shalat berjamaah, pembiasaan puasa sunat hari Senin dan Kamis, dan penyemarakan dakwah Islamiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan penelitian yaitu guru PAI Madrasah Aliyah Negeri Lembah Melintang dan siswa/I yang terkait. Data-data yang dihimpun diolah menggunakanan alisis data metode perbandingan tetap ( constant comparative method). Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, gambaran suasana religius yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Lembah Melintang adalah melalui pelaksanaan shalat berjama’ah, pembiasaan puasa sunat hari Senin dan Kamis dan pelaksanaan dakwah Islamiyah. Kedua, Peranan guru PAI dalam mewujudkan suasana religius di madrasah, adalah sebagai teladan, pembimbing dan pengawas, motivator, evaluator, pengelola pembelajaran, dan sumber belajar. Peranan yang di lakukan guru adalah dalam pelaksanaan shalat berjama’ah, pembiasaan puasa sunat hari Senin dan Kamis dan penyemarakan dakwah Islamiyah. Ketiga hambatan yang dihadapi guru PAI dalam mewujudkan suasana religius ada dua faktor yaitu faktor Internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam lingkungan madrasah seperti, Masih ada anggota yang kurang aktif melaksanakan tugasnya masing-masing sehingga program terkesan menjadi tanggung jawab pribadi guru PAI saja dan menjadi terhambat karena kurang dalam pengawasan. Kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan progam yang telah ada, kurangnya minat dan bakat siswa, dan kurangnya motivasi siswa itu sendiri. Dan kurangnya sarana dan prasarana, ini terlihat dari belum ada ruang khusus dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, air yang kurang, bak wudhu’ yang belum memadai dan peralatan shalat yang kurang, baik itu kain shalat maupun sajadah. Sedangkan faktor hambatan yang kedua adalah faktor yang berasal dari luar madrasah (Ekternal) Seperti faktor dari keluarga, faktor dari lingkungan/masyarakat dan Kurangnya dana pendukung dan sulitnnya melakukan kerjasama dengan pihak lain di luar orang tua siswa, untuk menggalang dana bagi kepentingan suasana keagamaan misalnya dalam memperingati hari-hari besar Islam dan peningkatan sarana dan prasarana sekolah sehingga masih memungut biaya dari orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Sattar Daulay dan Anhar
Keywords: Peranan guru; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:24
Last Modified: 14 Jul 2020 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item