Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kinerja guru pendidikan agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Kholila Rizky (2018) Kinerja guru pendidikan agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang Masalah ini diteliti yang ditemukan bahwa guru Pendidika Agama Islam yang bersertifikat pendidik belum dapat menggambrkan bahwa mereka memiliki kinerja yang baik, karena melihat dari keseharian dari guru di lingkungan madrasah ini masih sama saja. sehingga perlu untuk ditelusuri lebih lanjut mengenai kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam, dan peningkatan yang diperoleh serta faktor yang mempengaruhi kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara. Metodologi penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Islamiyah Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara belum dapat dikatakan sebagai guru yang memiliki kinerja yang baik, karena guru tersebut belum sepenuhnya mampu untuk menerapkan berbagai kriteria seorang guru yang memiliki kinerja yang baik. Kinerja guru pendidikan agama Islam yang sudah memperoleh sertifikat pendidik belum terlihat adanya peningkatan, karena dilihat dari keaktifan guru dalam mengajar, kesiapan perangkat, dan penyesuaian metode dengan materi pelajaran belum menunjukkan adanya inovasi-inovasi baru dalam mengajar, dan boleh dikatakan bahwa cara mengajar mereka masih sama saja seperti sebelum memperoleh sertifikat pendidik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikat pendidik di MTs Swasta Napabarbaran Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu: 1) faktor internal, yaitu: kemampuan, kepribadian dan pengalaman lapangan. 2) faktor eksternal, yaitu: gaji dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Kinerja guru PAI; Sertifikat pendidik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 08 Jul 2020 09:43
Last Modified: 08 Jul 2020 09:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item