Sitompul, Sri Rahmadhani (2019) Pengaruh aplikasi layanan mobile banking terhadap minat nasabah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat besar, transaksi bank menjadi sangat mudah, cepat dan real time tanpa ada batasan waktu dan tempat. Produk jasa yang dikeluarkan bank memanfaatkan kemajuan teknologi salah satunya mobile banking. Meskipun banyak keuntungan menggunakan mobile banking tetapi kenyataannya masih kurang diminati oleh nasabah. Sebagaimana terlihat pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan penggunaan mobile banking masih kurang maksimal dimana jumlah nasabah pengguna mobile banking dari tahun 2015-2018 mengalami penurunan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh aplikasi layanan mobile banking terhadap minat nasabah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Tujuannya untuk mengetahui adakah pengaruh variabel independen terhada variabel dependen. Serta kegunaanya adalah untuk menjadi informasi bagi pihak yang berkepentingan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat dan pembahasan layanan mobile baking yang terkait dengan perbankan dalam bentuk kemudahan, resiko, dan kepercayaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah sampel 67 responden dengan teknik pengukuran sampelnya adalah rumus slovin. Analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan uji determinasi R2. Hasil penelitian menggunakan program SPSS Versi 23. Diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan MN = 25,837 + 0,218 MB, data adjust R Square sebesar 0,057 hal ini berarti 57% variabel mobile baking mampu menerangkan variabel minat nasabah, sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t pada tingkat signifikan 5% (0,05) diperoleh hasil 2,226. Hal ini berarti layanan mobile banking memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah yang terlihat dari t hitung ˃ t tabel = 2,226 ˃ 1,66901. Ini berarti semakin bagus layanan mobile banking yang dilakukan semakin berminat nasabah menggunakan produk layanan mobile banking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mobile Banking; Minat Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 07:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 07:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3156 |
Actions (login required)
View Item |