Azzahra, Fatimah (2024) Pengembangan media komik digital menggunakan aplikasi comic life 3 pada pembelajaran IPA di MIS Model Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang terdapat di MIS Model Panyabungan adalah kurangnya penggunaan dan pengembangan media pembelajaran oleh guru, khususnya pada proses pembelajaran IPA. Guru di MIS Model Panyabungan, khususnya guru kelas V jarang menggunakan, menciptakan, dan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Hal tersebut juga berpengaruh kepada proses pembelajaran yang menjadi membosankan bagi peserta didik, sehingga mereka tidak lagi mendengarkan penjelasan dari guru dan hasil belajar peserta didik menjadi menurun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran, yaitu komik digital. Dalam pengembangan komik ini juga akan dilihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media komik dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk memvalidasi dan mengembangkan sebuah produk. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengembangan ADDIE ini terbagi menjadi 5 tahapan, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar angket, lembar wawancara, dan tes. Pengembangan media komik digital telah melalui 3 validasi, yaitu validasi ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli media yang memperoleh rata-rata nilai sebesar 88,97% dengan kategori valid. Kemudian peneliti juga memberikan angket respon untuk mengetahui kepraktisan media Comic IPA kepada 3 responden, yaitu guru, peserta didik kelas V, dan kelompok terbatas dengan rata-rata hasil angket respon sebesar 87,87% dengan kategori sangat praktis. Kemudian untuk mengetahui keefektifan dari media Comic IPA, maka peneliti menggunakan lembar tes yang dibagi menjadi Pretest dan Posttest dengan rata-rata nilai 68,74% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran komik digital atau Comic IPA dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd. |
Keywords: | Pengembangan; Media; Komik; Digital; Menggunakan aplikasi comic life 3; Pembelajaran IPA di MIS Model Panyabungan |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200212 Screen and Media Culture |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |