Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa Kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan

Lestari, Ayu (2024) Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa Kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran sering kali didominasi oleh kegiatan mencatat dan membaca buku dan model pembelajaran yang didominasi guru terlalu monoton. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan dan apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan dengan menerapkan model pembelajarn Snowball Throwing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowbal Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200207 Padangsidimpuan yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing diterapkan dengan cara siswa diarahkan untuk berdiskusi dan membentuk kelompok dimana setiap kelompok memiliki ketua kelompok untuk menjelaskan materi yang telah dijelaskan oleh guru. Dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar siswa pada prasiklus sebelum menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing mencapai 50% siswa yang Tuntas dengan nilai rata-rata 65,5 memenuhi KKM , pada siklus I mencapai 70% siswa yang Tuntas dengan nilai rata-rata 73,3 memenuhi KKM, pada siklus II mencapai 95% siswa yang Tuntas dengan nilai rata-rata 88,3 memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Snowball throwing; Hasil belajar; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Mar 2025 09:01
Last Modified: 26 Mar 2025 01:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item