Oktavita, Ade (2024) Persepsi pelaku usaha mikro kecil menengah terhadap pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BSI KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100186.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Pasar Sangkumpal Bonang mempunyai persepsi bahwa pembiayaan di BSI KC Padangsidimpuan dan bank konvensional sama saja dan kurangnya pengetahuan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah sehingga banyak yang belum mengetahui mengenai pembiayaan di BSI KC Padangsidimpuan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah tentang persepsi dan pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BSI KC Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap pembiayaan mudharabah dan musyarakah di BSI KC Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Perbankan Syariah, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Pasar Sangkumpal Bonang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menemukan bahwa persepsi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Pasar Sangkumpal Bonang sangat beragam. Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang menggunakan pembiayaan di BSI KC Padangsidimpuan mempersepsikan bahwa pembiayaan yang ada di BSI KC Padangsidimpuan terhindar dari riba dan sesuai dengan prinsip syariah. Sementara pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang tidak menggunakan pembiayaan di BSI KC Padangsidimpuan mempersepsikan produk bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Meraka juga mengatakan bahwa kurangnya promosi mengenai pembiayaan dari pihak BSI KC Padangsidimpuan. sementara pihak bank konvensional lebih gencar dalam promosi membuat mereka lebih banyak mengetahui dan tertarik terhadap produk yang ada di bank konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan M. Yarham, M.H. |
Keywords: | Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah; Mudharabah; Musyarakah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 16:04 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11264 |
Actions (login required)
View Item |